Mengapa Mulut yang Sehat Baik Untuk Tubuh Anda

April 13, 2018 / dentalignadmin

Mulut yang Sehat Baik Untuk Tubuh

 

Merawat mulut, gigi, dan gusi dengan baik merupakan tujuan yang sangat baik. Kebersihan mulut dan gigi yang baik tentu dapat membantu mencegah bau mulut dan gigi berlubang, dan tentunya dapat membantu Anda dalam menjaga gigi saat usia beertambah.

Para peneliti juga menemukan alasan baru untuk mulut yang sehat dan dapat membantu Anda menangkal gangguan medis. Di sisi lain? Mulut yang sehat, terutama bagi Anda yang mempunyai penyakit pada bagian gusi, dapat meningkatkan resiko masalah kesehatan yang serius seperti serangan jantuung, stroke, diabetes yang tidak dapat terkontrol dan pesalinan prematur.

Pada kasus kebersihan mulut yang baik terus dan semakin kuat. Memahami pentingnya kesehatan mulut dan hubungannya dengan kesehatan Anda secara menyeluruh.

 

Banyak kondisi yang menyebabkan tanda dan gejala mulut

Mulut Anda adalah jendela ke dalam apa yang terjadi di seluruh tubuh Anda, sering berfungsi sebagai titik pandang yang membantu untuk mendeteksi tanda-tanda awal dan gejala penyakit sistemik – penyakit yang mempengaruhi atau berkaitan dengan seluruh tubuh Anda, bukan hanya salah satu dari bagian. Kondisi sistemik seperti AIDS atau diabetes, misalnya, sering pertama kali menjadi jelas sebagai lesi mulut atau masalah mulut lainnya. Bahkan, menurut Academy of General Dentistry, lebih dari 90 persen dari semua penyakit sistemik menghasilkan tanda dan gejala oral sepeti;

  • HIV/AIDS
  • Diabetes

 

Alat diagnostik yang membantu

Dokter Anda dapat mengumpulkan dan menguji air liur untuk mendeteksi berbagai zat. Misalnya, kadar kortisol dalam air liur digunakan untuk menguji respons stres pada anak-anak yang baru lahir. Dan fragmen protein spesifik tulang tertentu mungkin berguna dalam memantau keropos tulang pada wanita dan pria yang rentan terhadap osteoporosis. Penanda kanker tertentu juga terdeteksi dalam air liur.

 

Bagaimana air liur mematikan bakteri dan virus

Saliva, juga merupakan salah satu pertahanan utama tubuh Anda terhadap organisme penyebab penyakit, seperti bakteri dan virus. Ini mengandung antibodi yang menyerang patogen virus, seperti pilek dan HIV. Dan mengandung protein yang disebut histatin, yang menghambat pertumbuhan jamur alami yang disebut Candida albicans. Ketika protein ini dilemahkan oleh infeksi HIV atau penyakit lain, candida dapat tumbuh di luar kendali, menghasilkan infeksi jamur yang disebut sariawan.

Saliva juga melindungi Anda dari bakteri penyebab penyakit. Ini mengandung enzim yang menghancurkan bakteri dengan cara yang berbeda, dengan merendahkan selaput bakteri, menghambat pertumbuhan dan metabolisme bakteri tertentu, dan mengganggu sistem enzim bakteri vital.

 

Masalah dengan plak gigi

Meskipun air liur Anda membantu melindungi Anda dari beberapa penjajah, itu tidak selalu bisa melakukan pekerjaan. Lebih dari 500 spesies bakteri tumbuh subur di mulut Anda pada waktu tertentu. Bakteri ini terus-menerus membentuk plak gigi – film yang lengket dan tidak berwarna yang dapat melekat pada gigi Anda dan menyebabkan masalah kesehatan.

 

Jadi tentu kesehatan gigi itu sangat penting untuk setiap orang, dan tentunya sangat perlu dilakukan bagaimana merawat gigi dengan baik dan benar.

Kapan sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan gigi?

 

Shares
Hubungi Kami
id_IDIndonesian
en_USEnglish id_IDIndonesian